Tutorial (Kiosk)

Guide Kiosk Seal Online Blade of Destiny

Guide Kiosk Seal Online BoD

Sekilas Info : Tampaknya sekarang harga-harga item di Seal Online Blade of Destiny khususnya server Duran sudah mulai menurun. Ini tandanya, "Simpan Cegel Kalian!!!!". Sekian Sekilas info kali ini.

Pada kesempatan kali ini, gw akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai Kiosk atau vendingan yang ada di game Seal Online Blade of Destiny. Kiosk digunakan untuk menjual ataupun membeli item yang diinginkan. Masing-masing character sudah dibekali dengan Skill untuk membuka Kiosk.

1. Normal Kiosk

Skill tersebut adalah Skill Buyer's Kiosk dan Seller Kiosk. Kalian bisa meng-akses kedua skill tersebut dengan menekan tombol "K" di keyboard pc/laptop.

Skill Buyer's Kiosk Seal BoD

Skill Seller's Kiosk Seal BoD

Jika skill-nya digunakan, character kalian akan membuka toko atau kiosk sesuai dengan skill yang dipilih. Sebagai contoh, jika kalian ingin menjual suatu item, gunakanlah skill Seller's Kiosk... dan jika kalian ingin membeli suatu item, gunakanlah skill Buyer's Kiosk.

Perbedaan Kiosk untuk membeli dan menjual item bisa dilihat dari warna yang berbeda. Bisa kalian lihat di gambar di bawah ini.

Normal Kiosk Seal BoD

Kiosk yang berwarna kuning adalah Seller's Kiosk, sedangkan Kiosk yang berwarna biru adalah Buyer's Kiosk. Untuk menggunakan kedua kiosk tersebut cukup mudah. Kalian tinggal drag and drop item yang ingin dijual / dibeli setelah kalian menggunakan skill Seller's / Buyer's Kiosk. Setelah itu masukan Harga dari item yang ingin dijual / dibeli dan jumlah item yang ingin dijual / dibeli.

2. Premium Kiosk

Selain Normal Kiosk (gw namain Normal Kiosk untuk Seller's and Buyer's Kiosk), ada juga yang namanya Premium Kiosk. Dari namanya aja sudah keliatan kalau Kiosk ini untuk item-item premium..lol.

Premium Kiosk hanya bisa didapatkan melalui Item Mall, Grabbit, dan membeli langsung dari player yang menjual Premium Kiosk. Untuk membeli Premium Kiosk di Item Mall, kalian harus mengeluarkan dana sebesar 1500 RPs. Selain itu Premium Kiosk ini memiliki usage durability artinya, Premium Kiosk hanya bertahan selama 7 hari saja setelah diambil dari Item Mall Bank.

Sama seperti Normal Kiosk, Premium Kiosk juga memiliki dua jenis. Yaitu, Premium Kiosk untuk menjual dan Premium Kiosk untuk membeli. Kegunaan Premium Kiosk adalah untuk membeli atau menjual Item Mall.

Premium Kiosk Seal BoD

Artinya, kalian bisa membeli / menjual Item Mall menggunakan cegel alias nggak memakai RPs. Dilihat dari warna Premium Kiosk-nya, hampir sma seperti Normal Kiosk. Kuning unntuk menjual Item Mall, dan Hijau untuk membeli Item Mall.

3. Kiosk's System

Sekarang gw akan berbagi sedikit mengenai mekanisme menjual / membeli barang.... Pasti kalian sering membaca nama Kiosk dengan judul "-10% trade". Bagi player baru, pasti bingung dengan hal ini. Oleh karena itu melalui artikel kali ini, akan gw jelasin dikit.

Pertama, setiap pembelian atau penjualan akan dikenai income tax atau pajak penghasilan sebesar 10%. Artinya, setiap kali kalian mengatur harga suatu item untuk dijual / dibeli, akan ada pemotongan 10% terhadap cegel yang masuk ke inventory character.

Contohnya gini. Si A menjual 1 pcs Crystal senilai 10m Cegel menggunakan Seller's Kiosk. Pada saat dibeli oleh orang lain, cegel yang masuk ke inventory si A itu sebesar 9m Cegel. Karena dipotong pajak 10% (1m Cegel).

Contoh kedua. Si B membeli ingin membeli 1 pcs Ruby dengan harga 10m Cegel menggunakan Buyer's Kiosk. Si C melihat Buyer's Kiosk Si B dan menjual 1 pcs Ruby-nya melalui Buyer's Kiosk Si B. Uang atau cegel yang masuk ke inventorry Si C adalah 9m Cegel setelah menaruh Ruby-nya di Kiosk, karena dikenai income tax 10%. Terus... cegel Si B berkurang 9m dong?? Sayang-nya nggak. Cegel yang berkurang dari inventorry Si B tetap 10m Cegel.

Income tax 10% atau pajak pendapatan 10% tersebut kembali ke System Game-nya. Ini dilakukan untuk mengontrol peredaran cegel. Oleh karena itu, banyak Kiosk memakai judul "-10% trade", yang artinya harga item yang ditaruh di Kiosk akan mendapatkan diskon atau potongan sebesar 10% jika menggunakan Skill Trade langsung (Pembelian /penjualan tidak melalui Kiosk).

Contoh lagi nih.... Si D menjual Ruby dengan harga 11m Cegel menggunakan Seller's Kiosk dan judul Kiosk-nya "-10% trade". Artinya, jika kalian membeli menggunakan trade langsung, harga rubynya menjadi 10m Cegel saja.

Semoga bisa dipahami... agar nantinya ketika kalian ingin membeli atau menjual suatu item, bisa mengatur harga dengan tepat supaya mendapatkan cegel yang diinginkan. 

4. Info

  • Cek Harga Item

Sedikit tips, selalu perhatikan harga item ketika kalian baru membuka Buyer's / Seller's Kiosk. Kesalahan penulisan (kurang atau lebih nol-nya) sangat berdampak besar bagi kelangsungan hidup istri / suami dan anak dirumah..hahhaha.

Dan juga semua ticket yang masuk dikarenakan kesalahan penulisan harga item tidak akan ditanggapi oleh Game Master. Biarpun kalian sudah memohon, itu akan dianggap human error. Ada juga beberapa kasus dimana setelah Kiosk-nya diatur dan ditinggal oleh player. Item yang dijual hilang tapi tidak ada cegel yang masuk sama sekali. 

Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum AFK atau ditinggal, Screenshot terlebih dahulu, supaya ketika hal tersebut menimpa kalian, bisa langsung dilaporkan dengan cara submit ticket dan lampirkan SS pada saat awal jualan dan SS pada saat item-nya raib tapi nggak ada cegel yang masuk inventory. Silahkan baca Tutorial (Submit Ticket) bagi yang belum tahu cara-nya mengirim ticket.

Perlu diingat juga, kalau informasi atau ticket yang masuk akan diselidiki kebenarannya. Jadi, jangan sekali-kali mencoba untuk mengirimkan informasi palsu. Akun kalian akan di-BANNED PERMANENT!!! jika ingin mengelabui Game Master. Soalnya ada kasus dimana player yang mengirim SS pada awal jualan, setelah itu dia menyimpan salah satu item dan mengirim ticket kalau Item-nya raib tanpa ada cegel yang masuk. Setelah diselidiki... Informasi tersebut bohong belaka.

  • Membuat Judul Kiosk Seperti Sedang Shout atau Teriak

Tips berikutnya.... Kadang kalian melihat Normal Kiosk yang judul nya berwarna merah seperti sedang teriak. Disini gw akan memberikan tricknya, agar judul kiosk atau nama toko kalian bisa berbeda dengan yang lain (warna merha / pink gitu).

Caranya adalah... setelah kalian selesai mengatur item yang ingin dijual, arahkan pointer mouse kalian ke arah kolom chat (bukan kolom chat kiosk). Setelah itu tekan "Enter". Gunakan tanda % untuk teriak sebelum mengetik kata-kata yang ingin kalian teriakkan.

Dengan menggunakan fitur teriak atau shout pada saat kalian berada didalam kiosk, akan membuat judul kiosk atau nama toko kalian tampak berbeda. Setidaknya bisa menarik sedikit perahitan calon pembeli. Semoga info-nya bermanfaat.

  • Mengecek Chat yang ditinggalkan Calon Pembeli

Tips kali ini buat kalian yang sering jualan sambil AFK atau Away From Keyboard. Kadang kalian pasti penasaran kalau ada player yang meninggalkan offer atau tawaran mereka di kolom chat vendingan atau toko kalian. Tapi kalian tidak tahu cara mengeceknya, akhirnya jadi penasaran.

Cara untuk mengecek chat offer atau penawaran calon pembeli di kolom chatting vendingan atau toko sangatlah mudah. Pertama-tama, arahkan kursor ke arah Kolom Chat biasa yang berada di kiri layar anda dengan cara mengklik kolom chat biasa tersebut.

Setelah itu, cari tombol "pgup" di keyboar laptop atau PC kalian masing-masing. Gunakan tombol "pgup" agar kalian bisa melihat chat bagian atas yang ditinggalkan calon pembeli di kolom chat toko kalian masing-masing. Tombol "pgdn" merupakan kebalikan dari tombol "pgup", yaitu menurunkan kolom chat toko.

Sekian dulu artikel Tutorial mengenai Kiosk kali ini. Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar