Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game Online

Cara Menurunkan Ping pada saat Bermain Game Online

Seal Bod Journey - Berjumpa kembali dengan Seal BoD Journey. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips atau cara mengatasi lag yang terjadi ketika kalian bermain game online. Dan lag tersebut sangat berkaitan dengan yang namanya ping.

Ketika kalian bermain sebuah game online, pasti sering mendapati pemain lain bahkan kalian sendiri mengalami masalah lag atau lagging. Masalah ini tentu akan membuat kalian kesal, karena bisa berdampak pada permainan dan kalian akan diejek oleh pemain lain.
Cara Mengatasi lag di game online, menurunkan Ping, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Jika kalian mendapati masalah tersebut pada game online, seperti video yang patah-patah, pemain lain yang menghilang sejenak kemudian muncul kembali dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan lag, itu tandanya ping kalian terlalu tinggi atau besar.

Apa itu Ping?

Banyak orang menyangka bahwa dengan kecepatan download dan upload yang besar dapat melancarkan pengalaman bermain game online, tapi semua itu adalah anggapan umum saja. Terdapat satu faktor yang menentukan waktu reaksi, dan faktor tersebut disebut Ping.

Contohnya seperti ini, jika kalian memiliki Ping 300ms (milidetik), artinya komputer kalian membutuhkan waktu sebanyak tersebut untuk merespond permintaan dari komputer lain atau server dari game online. Dampak dari Ping sebesar 300ms bisa kalian imajinasikan sendiri, jika pemain lain memiliki Ping 30-40ms.

Tentu saja, sebagai pemain game online, apalagi dengan server game yang terletak di luar Indonesia, kalian ingin mendapatkan ping yang normal atau nyaman pada saat memainkan game online tersebut. Jika Ping kalian mencapai 300ms, kalian pasti akan mengalami masalah ketika bermain karena delay.

Jumlah besarnya Ping sangat berpengaruh terhadap game-game online yang membutuhkan timing yang tepat pada saat bermain. Semakin kecil jumlah Ping yang kalian miliki semakin baik pula waktu reaksi antara komputer / laptop kalian dengan server atau komputer lain. 

Hal ini bisa kalian bandingkan pada game online berbasis FPS (First Person Shooter) atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Ketika timing kalian kacau karena Ping yang besar, lawan bisa lari dari sergapan atau menghilang dari layar kalian. Ini juga bisa dirasakan di game MMORPG, pada saat kalian melawan monster atau menggunakan potion, monster yang dilawan tidak terkena damage atau potion yang digunakan tidak berefek.

Cara Mencari Tahu Jumlah Kecepatan Ping Kalian

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mencari tahu kecepatan Ping yang kalian miliki. Salah satu cara yang paling banyak dipakai adalah dengan menggunakan website penyedia tes kecepatan internet, Speedtest.
Cara Mengatasi lag di game online, menurunkan Ping, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Setelah melakukan tes atau pengjuian, jika Ping yang kalian miliki berjumlah diatas 150ms, bisa dipastikan kalau kalian akan mengalami delay atau lag di game online. Sedangkan jika jumlah Ping kalian dibawah 20ms, tentunya masalah seperti delay atau lag tidak akan kalian rasakan.

Cara Mencari Tahu Ping Seal Online Blade of Destiny

Cara mencari tahu Ping sebuah game online pasti sering kalian gunakan pada saat ingin mengecek kecepatan bermain suatu game online. Bagi gamer, cara ini sudah tidak asing lagi. Dan untuk kalian yang belum tahu cara mengecek Ping Seal Online Blade of Destiny, bisa mengikuti cara dibawah ini.
  • Buka Command Prompt dengan menekan tombol "windows + r" atau klik kotak "Search"
  • Ketikkan "cmd" (tanpa tanda kutip)
  • Ketik "ping www.sealonline.playrohan.com" (tanpa tanda kutip)
Cara Mengatasi lag di game online, menurunkan Ping, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Kalian akan melihat angka yang dibelakangnya terdapat huruf ms. Itulah Ping antara PC / Laptop kalian dengan game online Seal Online Blade of Destiny. Semakin besar Ping yang kalian miliki, tentunya akan berdampak pada permainan tersebut ketika dimainkan.

Cara Menurunkan Jumlah Ping

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan jumlah Ping kalian. Untuk itulah Seal BoD Journey akan memberikan cara-cara tersebut. Cara yang akan dibagikan bisa dicoba satu persatu sampai bisa menghasilkan jumlah Ping yang sesuai dengan keinginan kalian.

1. Lokasi Ideal Signal WiFi

Setiap rumah atau tempat kalian Online pasti memiliki tempat terbaik atau terburuk dalam menangkap signal Wifi dari Router masing-masing. Pelajari lokasi signal terbaik dari Wifi kalian. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui kekuatan signal Wifi, contohnya Wifi Analyzer untuk perangkat Android.

2. Lokasi Router WiFi

Bagaimana jika cara pertama sudah dilakukan, dan ternyata kamar kalian yang sering dijadikan tempat bermain game onlinelah yang merupakan lokasi terburuk dalam menerima signal WiFi? Jawabannya, cukup mudah. Pindahkan saja Router WiFi yang kalian miliki agar signal dari Router tersebut bisa menjangkau kamar kalian.

Setiap signal yang dipancarkan oleh Router WiFi akan memenuhi radius pancaran signal. Sebagian signal yang dipancarkan oleh alat tersebut akan memantul karena dinding rumah kalian, dan sebagian signal bisa menembus dinding tersebut. Oleh karena itu kalian harus mencari lokasi yang tepat untuk meletakkan Router WiFi kalian.

3. Menutup Program di PC / Laptop

Pada setiap PC / Laptop terdapat beberapa program yang berjalan atau beroperasi tanpa sepengetahuan kalian. Program atau aplikasi-aplikasi ini sering melaukan proses update tanpa persetujuan penggunanya. Proses update tersebut menggunakan koneksi internet, sama halnya ketika kalian mendownload file.

Untuk itu, bukalah aplikasi Task Manager (ctrl + alt + delete), dan hentikan program atau aplikasi yang menurut kalian mengambil data internet secara diam-diam. Dengan cara ini, koneksi internet yang kalian gunakan hanya terfokus kepada game online saja dan tanpa gangguan.

4. Cek Konektivitas Perangkat Lain

Meskipun cara ketiga sudah dilakukan, akan sia-sia, jika ternyata Hand Phone atau Perangkat lain yang kalian atau anggota keluarga miliki sedang digunakan untuk streaming YouTube atau menggunakan koneksi internet dengan jumlah yang besar. Selalu cek konektivitas perangkat di rumah kalian yang memakai WiFi.

5. Sambungan Langsung

Cara berikutnya adalah dengan menyambungkan langsung Router WiFi yang kalian miliki dengan PC / Laptop kalian menggunakan kabel Ethernet. Dengan menyambungkan secara langsung, internet yang kalian miliki akan lebih diprioritaskan oleh Router.

6. Reboot Router

Kurang lebih 80% masalah yang terjadi karena masalah jaringan, terutama yang berhubungan dengan Router bisa diselesaikan dengan cara Reboot atau mematikan, lalu menyalakan kembali Router tersebut. Cara ini dimaksudkan agar mematikan penggunaan Internet yang menggangu kenyamanan kalian pada saat bermain game online.

7. Hubungi ISP

Cara terakhir yang bisa saya bagikan adalah dengan menghubungi ISP (Internet Service Provider). Jika masalah Ping belum teratasi setelah mencoba cara-cara diatas, langkah terakhir adalah menghubungi ISP yang kalian gunakan. Pada kebanyakan masalah internet, ISP yang kalian gunakan mungkin sedang mengalami masalah. Dengan menghubungi ISP kalian bisa mencari solusi permasalahn, mengupgrade paket internet, dan menanyakan kuota internet (jika kalian memakai paket berdasarkan kuota).

Sampai disini dulu artikel mengenai Cara mengatasi lag Saat Bermain Game Online yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk Share artikel ini. Terima kasih. Love Seal.


Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar