Versus (Artisan vs Demolitionist)

Artisan vs Demolitionist Seal Online Blade of Destiny

Perbedaan Artisan dan Demolitionist Seal BoD

Artikel-artikel dengan tema versus sebelumnya membahas mengenai item, sekarang gw akan membahas mengenai komperasi dua job.

Selain itu, berhubung banyak yang sering nanya mengenai kedua job ini, Artisan atau Demolitionist, gw sengaja membuat satu artikel khusus untuk membahas kedua job tersebut, ditambah dengan perbedaan atau perbandingan-nya.

Artisan dan Demolitionist merupakan job lanjutan dari Craftsman. Kedua job ini hampir mirip, hanya dibedakan oleh skill-skill nya saja. Artisan lebih condong ke arah refine atau menempa item, sedangkan Demolitionist lebih ke arah farmer atau mencari item.

1. Artisan


Job kedua dari Craftsman ini lebih mengutamakan ke arah refine atau menempa-nempa item. Ini disebabkan karena adanya skill Secret Method dan Master Refiner yang menambah presentase success rate pada saat membuat item dan menempa item.

Dan dari pengalaman gw sendiri, skill Secret Method sangat berpengaruh bagi player yang ingin menempa item ke +4 sampai +9. Success Rate pada saat gw memakai artisan untuk menmpa item untuk melting ke +4 sangat berdampak besar. Perbandingan-nya seperti ini... 3 stack katalis untuk dilebur atau melting, hanya 2 pcs katalis yang gagal ke +4.

Job ini memiliki daya serang yang lemah dibandingkan dengan Demolitionist. Meskipun demikian, dengan adanya skill Enhanced Weapons dan Enhanced Armors, bisa menutup sedikit kekurangan defense dan damage job ini.

Skill lain dari job ini adalah High Quality Sense. Skill ini adalah skill lanjutan dari Item Appraisal yang memberikan option tambahan ke item yang masih Unappraised. Skill ini juga menambah presentase option tambahan yang lebih bagus daripada skill Item Appraisal.

Mengenai Equipment, job Artisan bisa menggunakan Equipment dari NPC, karena status build job ini yang lebih mengarah ke refinement dan mem-produksi item yang mengharuskan job ini untuk memasukkan status Luck dan STR.

2. Demolitionist


Job kedua dari Craftsman berikutnya adalah Demolitionist. Job ini sangat cocok bagi kalian yang senang PvP dan mencari item alias farmer. Ini dimungkinkan karena Demolitionist memiliki tingkat serangan yang lebih besar dari Artisan.

Skill-skill Demolitionist sendiri banyak yang mengarah ke skill serang, karena itulah sering dipakai player untuk Bossing di IC dan PvP. Skill-nya lumayan sakit juga jika digunakan ke player lain.

Selain skill serang, Demolitionist juga dilengkapi skill yang sama dengan Artisan, yaitu skill High Quality Sense. Skill ini bisa diambil pada saat ber-level 215 dan untuk Artisan skill ini bisa diambil pada saat ber-level 190.

Untuk Equipment job ini, lebih mahal sedikit dari pada job Artisan. Karena sering digunakan untuk farming, weapon dan armor untuk job ini lebih cocok menggunakan XG item. Berdasarkan hal tersebut, harga equipment-nya lebih mahal daripada Artisan.

Status Build untuk job ini tergantung dari player-nya sendiri. Semua berdasarkan preferensi masing-masing player. Ada yang memasukkan AGI / STR / VIT / LUK.

The Winner

Draw alias seri...
Tidak ada pemenang untuk versus kali ini karena kedua job ini berdasarkan selera player masing-masing. Jika kalian lebih senang menmpa atau membuat item, pilihlah job Artisan. Dan jika kalian lebih suka usil dengan PvP atau Bossing di Ice Castle, pilihlah job Demolitionist.

Tapi, menurut pendapat pribadi gw, Artisan juga bisa digunakan sebagai job untuk Bossing di Ice Castle. Semua-nya bergantung pada Full Equipment yang dipakai oleh Artisan tersebut. Selain itu, Artisan bisa menggunakan Armor dari NPC dan setelah mencapai level 190, kalian bisa menjadi Leecher bagi player-player yang ingin masuk ek Sky Island Alcanez atau Sage Tower.

Artisan dan Demolitionist memiliki skill khusus bawaan dari Craftsman, yaitu No Penalty Drop. Artinya, meskipun monster yang diserang kedua job ini memiliki perbedaan level yang besar, item yang di-drop oleh Monster ketika sudah mati dibunuh, tetap sama.

Contohnya seperti ini, jika job lain menyerang Monser Piya, kemungkinan besar Piya tidak akan memberikan item drop. Sedangkan bagi kedua job ini, Artisan dan Demolitionist item drop dari Piya akan sama seperti menggunakan character ber-level kecil.

Sampai sini dulu artikel Artisan vs Demolitionist kali ini. Meskipun tidak ada pemenang-nya, kalian bisa memilih kedua job ini berdasarkan tulisan di atas dan kegunaan masing-masing job.

Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar