Versus (Balie's Rune Mace vs Murim Apostle Feathered Fan)

Balie's Rune Mace vs Murim Apostle Feathered Fan Seal Online Blade of Destiny

Balie Apostle vs Murim Apostle Seal BoD

Akhir-akhir ini lagi semangat menulis artikel dengan tema Versus... dan berhubung banyak player dengan job Apostle sering bingung dengan perbedaan Balie's Rune Mace sama Murim Apostle Feathered Fan, gw mencoba untuk membahas kedua item ini.

Balie Apostle dan Murim Apostle merupakan weapon ataua senjata yang banyak diincar para Apostle. Ini dikarenakan status dasar MPW atau Magic Power dari kedua item ini lumayan besar. Tapi, Balie Apostle sering dicari oleh Apostle-Apostle yang sudah berlevel tinggi mendekati mentok.

Pada kesempatan kali ini, gw akan memberikan komperasi antara kedua item ini dengan tingkat plus yang sama, yaitu plus 12. Pembandingan di tingkat plus 12 bertujuan agar semua status dasar-nya kelihatan. Tapi gw akan membahas sedikit perbedaan kedua item ini di tingkat plus 9, yang banyak di cari orang-orang.

Btw, menurut pendapat pribadi gw, job Apostle tidak terlalu mementingkan status senjata yang G/DG/XG. Apostle itu MPW addict. Jadi, selama status G/DG/XG tidak mempengaruhi status MPW, Apostle fine-fine aja menggunakan senjata dengan status Normal.

1. Balie's Rune Mace

Weapon ini tidak di-drop oleh Monster manapun, melainkan hanya bisa didapat melalui pembelian di Item Mall dan membuat-nya sendiri dengan Manual of Believer in Balie. Harga Balie's Rune Mace di Item Mall itu senilai 1.050 RPs dan biaya untuk membuat sendiri dari Manual of Believer of Balie itu kurang lebihnya 500-600m.

Jika membeli dari Item Mall, kalian akan mendapatkan Balie's Rune Mace.XG+0 (Unappraised). Sedangkan, kalau dibuat menggunakan Manual of Believer in Balie, kalian akan mendapatkan Balie's Rune Mace+0 (Unappraised).

Status Balie Apostle.XG+12 Seal BoD

Status dasar untuk Balie's Rune Mace.XG+12 bisa kalian lihat di gambar diatas. Bagi yang nggak bisa lihat, ini dia status dasar-nya:
  • Damage 591
  • Magic Power 591
  • Defense 21
  • Attack Speed 25
  • Critical Rate 10
  • Damage Increase 24%
  • Level Requirement 247
Status damage dan magic power dari Balie Apost sama, yaitu 591 points. Berhubung job Apostle hanya mementingkan Magic Power, status damage tidak terlalu penting. Dan MPW dari Balie Apostle ini sangat besar.

Syarat level pemakaian Balie Apostle lumayan tinggi juga. Weapon ini hanya bisa dipakai pada level 247 untuk +12-nya dan level 244 untuk +9-nya. Oleh karena itu banyak player Apostle sering memakai weapon ini sebagai Late Item mereka.

Mengenai pembuatan Balie Apostle menggunakan Manual of Believer in Balie yang sudah gw singgung sedikit di awal artikel, tidak-lah gampang. Ini dikarenakan hasil pembuatan senjata Balie menggunakan Manual of Believer in Balie adalah random alias tidak pasti dapat-nya apa.

Ada 16 jenis senjata Balie yang bisa kalian dapatkan secara random atau acak jika membuat-nya menggunakan Manual of Believer in Balie. Untung-untungan saja, kalau pada saat membuat pertama kali, langsung mendapatkan Balie's Rune Mace.

2. Murim Apostle Feathered Fan

Nah...senjata idaman Apostle-Apostle pada saat baru ubah job...hahahha. Weapon ini sama seperti Balie Apost alias tidak di-drop dari Monster. Perbedaan-nya, weapon ini tidak bisa dibuat menggunakan manual dan hanya bisa dibeli melalui Item Mall.

Harga Murim Apostle sendiri di Item Mall, senilai 2.000 RPs. Lumayan mahal emang. Tapi sebanding dengan status dasar-nya. Dan semua weapon Murim di Item Mall Seal Online Blade of Destiny itu, sama semua harga-nya.

Status Murim Apostle.XG+12 Seal BoD


Dari gambar diatas, status dasar untuk Murim Apostle Feathered Fan.XG+12 lumayan banyak. Ada HP Increase atau penambahan jumlah Health Point dan AP Increase juga. Status dasar-nya sebagai berikut:
  • Damage 579
  • Magic Power 618
  • Defense 22
  • Attack Speed 20
  • Critical Rate 13
  • Damage Increase 19%
  • HP Increase 1350
  • AP Increase 800
  • Level Requirement 159
Banyak banget kan status dasar-nya. Berbeda dengan Balie Apostle yang hanya memiliki 6 status dasar.

Selain perbedaan tersebut, Murim Apostle merupakan Special Item. Artinya, item yang tidak bisa ditempa atau refine menggunakan Blessed Diamond atau Blessed Pink Diamond. Agak susah untuk menempa item dengan predikat Special Item. Semua-nya bergantung ke FF masing-masing...lol.

Status damage dari Murim Apostle berbeda 12 points dengan Balie Apostle. Tapi menurut gw, tidak terlalu penting, karena Apostle hanya mengutamakan MPW saja. Dan MPW dari Murim Apostle lebih banyak 27 points dari Balie Apostle.

Ditambah dengan bonus status dasar lain-nya, seperti HP Increase dan AP Increase, Murim Apostle lebih diunggulkan soal status dasar. Syarat level pemakaian item ini juga cukup rendah, yaitu di level 159.

Harga in-game Murim Apostle bervariasi, tergantung option tambahan-nya. Kalau option tambahan-nya MPW, harga-nya semakin mahal. Untuk +9, kisaran harga berada di angka 14-16b, dan untuk +0 sampai +7 mengikuti harga rate RPs.

The Winner

Pemenang untuk Versus kali ini adalah Murim Apostle Feathered Fan...

Setelah dilihat dari berbagai sudut, Murim Apostle lebih bagus dibandingkan dengan Balie Apostle. memang harganya lebih mahal dari Balie Apostle, tapi status dasar dari Murim Apostle menutupi kekurangan tersebut.

Bahkan untuk perbandingan di tingkat plus 9, MPW atau magic power dari Murim Apostle lebih besar dari Balie Apostle. MPW Balie Apostle plus 9, 537 points. MPW Murim Apostle plus 9, 546 points.

Meskipun demikian, perbedaan Item Biasa dan Special Item, berpengaruh terhadap pemilihan item nantinya. Balie Apostle bisa ditempa menggunakan Blessed Diamond dan Blessed Pink Diamond, oleh karena itu banyak diincar orang-orang.

Disini, gw sebagai penulis hanyalah menyajikan data mengenai status dan perbandingan kedua item tersebut menurut pandangan pribadi saja. Tidak ada paksaan untuk memilih salah satu item. Semua kembali ke player-nya masing-masing.

Sekian dulu artikel Versus (Balie's Rune Mace vs Murim Apostle Feathered Fan) kali ini. Artikel ini hanyalah pendapat pribadi penulis. Apabila kalian ingin menggunakan Balie Apostle sebagai Late Item kalian, silahkan. Begitu juga sebaliknya.

Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis.
Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v

P.S: Thanks to salah satu staff yang bersedia memberikan info mengenai Murim Apostle Feathered Fan.XG+12. Thank You soooo much.

Selama gw bermain Seal Online Blade of Destiny, belum pernah melihat player yang memakai Murim Apostle plus 12. Oleh karena itu gw menghubungi salah satu staff untuk mendapatkan info mengenai Murim Apostle Feathered Fan.XG+12.
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar