How to Prevent being Scammed in Seal BoD

Cara Mengatasi Trik-Trik Penipuan Seal Online Blade of Destiny

Cara Mengatasi Trik-Trik Penipuan Seal Online

(Artikel dibawah ini merupakan hasil tulisan Jean (Ex-Admin) - 13 November 2017)

Artikel kali ini merupakan artikel lanjutan atau counter article dari Scammer Tricks. Sengaja gw bagi artikel-nya menjadi dua, karena jumlah kata di artikel pertama itu sudah hampir 2000 kata. Pasti bosan yang bacanya. Karena-nya gw pisah, biar pembaca blog ini nggak capek pas membaca artikel-artikel di blog ini

Seperti yang sudah gw tulis di artikel Scammer Tricks ada 11 jenis penipuan yang sering terjadi di Seal Online Blade of Destiny:

  1. Item Mall
  2. Beggar's Syndicate
  3. False Identity
  4. Same..Same But Different
  5. Trading
  6. Blessed Items Trick
  7. Old Nickname 
  8. Couple Scam
  9. Fake GM
  10. Phising Website
  11. RMT Trick

Nah, akan gw bahas 1-1 cara mengatasi jenis penipuan di atas. Dimulai dari cara yang pertama....




1. Item Mall
Mengatasi Penipuan Item Mall, Game, Seal Online BoD

Bagi pembeli / penjual Item Mall atau RPs, agar tidak tertipu oleh penipu yang menyamar sebagai penjual / pembeli. Periksa IGN atau nickname yang jual atau beli, terus minta si penjual / pembeli untuk menunjukkan Item Mall atau RPs yang dijual oleh si penipu.

Semakin terkenal atau IGN-nya sudah dikenal, dia nggak akan nipu. Dan bagi kalian yang tidak mudah percaya, boleh menggunakan orang ketiga. Maksudnya, carilah karakter yang menurut kalian dan si penjual sudah terpercaya. Minta Tolong ke character tersebut sebagai penegah.

Contohnya gini, Si A ingin membeli item dengan RPs dan Si B menjual RPs. Karena si A tidak percaya dengan Si B dan tidak mau memberikan cegel duluan, dan Si B juga tidak mau membeli item Si A dengan RPs terlebih dahulu tanpa ada-nya cegel, maka mereka berdua sepakat untuk mencari orang ketiga, yaitu Si C yang sudah terpercaya oleh banyak orang dan dipercaya oleh Si A dan Si B.

Si A akan mentransfer cegel untuk membeli Item ke Si C. Ketika cegel-nya diterima, Si C akan mengkonfirmasi ke Si B kalau cegelnya sudah masuk. Si B langsung membeli Item dengan RPs miliknya yang dipesan oleh Si A dan langsung men-trade Item tersebut ke Si A. Setelah selesai trade item ke Si A, Si C akan memberikan cegel-nya Si A ke Si B. Begitulah skema-nya.

Harus diperhatikan, kalau Si C ini haruslah bisa dipercaya oleh kedua belah pihak (pembeli dan penjual) dan terkenal seantero jagat Shiltz. Recommended Seller untuk Item Mall itu IGN-nya Teitoku (gw sudah minta ijin ke yang punya IGN ini, untuk ditulis di blog). Bukan promosi sih, gw sudah coba whisp ke seller lain, cuman Teitoku aja yang nanggepin. Mungkin lagi AFK yang lain.




2. Beggar's Syndicate
Mengatasi Penipuan Beggar's Syndicate, Game, Seal Online BoD

Untuk mengatasi trick jadul ini, selalu berhati-hati pada saat memberikan cegel ke player baru. Jika dia menggunakan alasan mengemis demi naik kereta ke kota lain, berikan cegel secukupnya saja. 100k Cegel sudah cukup. Nggak usah banyak-banyak, pastinya kalian akan kesal kalau setelah di kasih banyak, malah minta-minta lagi.

Kalau alasananya untuk membeli Potion, beli-lah Potion di NPC, terus berikan Potion tersebut ke yang mengemis. Kalau di bacotin, tidak usah di balas. Biarin aja, otak udang bocah penipu soal-nya. Lagi mencari jati diri, semakin kalian balas bacot-nya, semakin menjadi-jadi orangnya.

Jika dalam satu hari ada yang whisp meminta bantuan / modal / cegel setelah kalian pernah memberikan cegel ke player baru, 99% yang whisp itu adalah orang yang sama. Gunakan tips ini... Balas whisp-nya dengan menulis :
"Maaf kuota untuk membantu player baru hari ini sudah tercapai. Terima kasih"
Dan kalau di bacotin, biarin aja. Memang gitu bocah-bocah penipu yang lagi cmencari jati diri, otak-nya dipakai buat nipu doang.

3. False Identity
Mengatasi Penipuan False Identity, Game, Seal Online BoD

Tips untuk trick yang satu ini adalah dengan meminta bukti, bisa dengan scan KTP / SIM / Passport. Atau dengan cara di telepon atau video call untuk memastikan keaslian identitas player yang kalian curigai.

Telepon atau Video Call sih menurut pendapat pribadi gw, belum terlalu akurat. Yang lebih akurat adalah bertemu langsung dan mengetahui alamat rumah-nya...hahahha.

Dan juga jangan mudah percaya dengan memberikan item ke orang yang baru dikenal. Tidak apa-apa kalau item yang kalian berikan emang sudah tidak di pakai atau memiliki nilai jual yang kecil. Mengenai jenis kelamin si penipu. Semua jenis kelamin bisa melakukan tindak penipuan... tidak ada pengecualian. Mau dia perempuan ataupun laki-laki, sama-sama bisa nipu. Karena itu waspadalah...waspadalah.

4. Same..Same But Different
Mengatasi Penipuan Same but Different, Game, Seal Online BoD

Harap perhatikan baik-baik IGN atau nickname player yang mem-whisp kalian untuk mengatasi trik penipuan ini. Kalau boleh, kalian tulis langsung IGN nya di kolom chat untuk membalas whisp tersebut, untuk memastikan keaslian player yang melakukan whisper.

Jika teman anda tidak Online ataupun Online dan tidak pernah whisp ke kalian. Bisa dijamin kalau yang whisp itu tukang tipu. Saran gw sih, jangan saling memberikan atau meminjamkan item ke orang-orang dengan alasan apapun itu. Kecuali kalian sudah mendapatkan scan KTP / SIM / Passport dan alamat rumahnya.

Cara lain yaitu dengan saling bertukar kalimat atau pertanyaan rahasia yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Contohnya "Marco" dan "Polo"... jika kalian menerima whisp dari IGN yang kalian kenal tapi kurang yakin, whisp balik dengan mengetik "Marco" jika tidak dibalas dengan "Polo", bisa dipastikan itu bukan teman kalian.
Bagaimana jika teman makan teman alias teman yang nipu teman sendiri?? 
Mintalah dia untuk menggunakan Character yang sudah kalian kenal beserta Full Equipment yang sudah kalian ingat. Dan seperti saran gw diatas, jangan sering meminjamkan item ke orang lain untuk meminimalisir tindak penipuan.

5. Trading
Trading, Penipuan, Seal Online BoD, Game Online

Banyak cara untuk mengatasi tindak penipuan ini. Seperti, jangan mudah percaya ke orang yang baru dikenal. Jangan sekali-kali memberikan cegel / item tanpa menerima item / cegel yang sesuai  dengan kesepakatan bersama.

Cara kedua adalah dengan selalu mengecek item atau cegel dengan seksama sebelum melakukan transaksi. Gerakkan Pointer kalian ke arah item yang ingin dibeli untuk mengetahui deskripsi item tersebut (Normal atau G / DG / XG atau tingkat plus-nya atau ption tambahan-nya)

Gunakan selalu fitur Screenshot pada saat transaksi, supaya ketika kalian kena tipu dalam game Seal Online Blade of Destiny, kalian bisa melaporkan hal tersebut ke Game Master dengan bukti Screenshot melalui submit ticket. (Baca : Cara Submit Ticket)



6. Blessed Items Trick
Blessed Diamond, Seal BoD, Penipuan, Game Online

Pada saat ingin membeli atau menjual Blessed Diamond / Pink Diamond, pastikan dulu untuk menetapkan jaminan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Kalian bisa membaca Cara menjual Blessed Items, agar tidak tertipu oleh ulah oknum-oknum penipu.

Selain dengan jaminan, kalian bisa menggunakan cara mengatasi penipuan di point pertama Item Mall. Dengan cara meminta bantuan orang ketiga.

7. Old Nickname
Mengatasi Penipuan Old Nickname, Game, Seal Online BoD

Untuk mengatasi trick penipuan yang satu ini, sangatlah mudah. Ketika kalian di whisp oleh character teman kalian atau character yang sudah terkenal, tapi sudah pensi alias nggak bermain lagi. Mintalah jawaban dari pertanyaan yang kalian berikan. Jawabannya hanya diketahui oleh kalian berdua saja. Jika dia memang benar-benar teman kalian, dia pasti bisa menjawab pertanyaan spesifik yang kalian berikan.

Tapi demi menjamin keaslian atau double check, mintalah orang yang mem-whisp kalian untuk melakukan chat di luar game dengan memanfaatkan BBM / Line / Whatsapp / Facebook / dll. Jika itu teman kalian, pasti sebelum dia pensi kalian sudah berteman di media social.

Bagi kalian yang sudah pensi, dan ingin menghibahkan akun kalian, beritahukan ke teman-teman terdekat kalian, kalau kalian sudah pensi dan hapuslah semua Friend List kalian agar supaya tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana jika yang whisp benar-benar teman kalian yang pensi??? Kalau kalian sudah berteman lama, pasti tahu pribadi masing-masing. Ada orang yang tidak akan meminta-minta atau meminjam equip teman-nya.

Kalau teman kalian sudah kehabisan uang rokok dan ingin nipu??? Pakailah saran gw diatas, dengan tidak meminjamkan item ke orang-orang yang baru dikenal ataupun sudah kenal lama. Kecuali sudah mengetahui alamat rumah-nya..lol.

8. Couple Scam
Penipuan, Couple Scam, Game, Seal Online BoD

Jenis penipuan ini emang agak unik, dan cara mengatasinya cukup mudah. Buatlah limit atau batasan Couple Points. Misalnya, pada saat Couple Points kalian sudah terkumpul sebanyak 1 atau 5 points, langsung saja ditukar ke Rose. Jangan pernah menunggu Couple Points kalian menjadi banyak, agar bisa mengantisipasi perilaku couple kalian yang sudah menukarkan Couple Points mereka dan langsung membatalkan hubungan dengan kalian.

Kalau kalian merasa tersiksa dengan jumlah Rose yang membludak di inventory karena selalu ditukar, belilah Item Mall dengan nama Inventory Expand (Cara membeli Item Mall). Dengan demikian kalian tidak takut lagi kehabisan tempat untuk menaruh hasil farming di invetory atau tas kalian. Nggak punya uang buat beli Item Mall?? Cara mudahnya sih jangan couplean sama orang lain, biar tidak ditipu + invetory tidak disesaki dengan Rose.




9.Fake GM
penipuan, fake GM, game online, Seal BoD

Selalu waspada ketika ada orang lain yang melakukan whisp. Perhatikan baik-baik tulisan Nickname orang yang whisp ke character kalian. Karena, penggunaan huruf dan bentuknya di Seal Online bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dan juga setahu gw, GameMaster atau staff Paywith TIDAK PERNAH menanyakan ID dan Password player melalui whisper. Buat apa coba, mereka kan GameMaster yang punya kuasa di game ini, tinggal di cek saja lewat database bisa ketahuan ID dan Password kita, masa pakai nanya segala.

10. Phising Website
Penipuan, Phising Website, Game Online, Seal Online BoD

Umpan-umpan yang ditebar oknum penipu dengan cara penipuan ini memang sangat menggiurkan. Jangan mudah terpancing dengan tawaran-tawaran tersebut. Jikalau penipu memberitahu bahwa itu adalah website resmi dari Seal Online, jangan mudah percaya. Website resmi Seal Online Blade of Destiny hanyalah sealonline.playrohan.com

Di bookmark saja website resmi Seal Online Blade of Destiny tersebut, agar supaya ketika kalian membuka phising website yang menggunakan nama yang mirip, website resmi tersebut yang muncul pertama kali di address bar kalian. Dan selalu ingat, untuk terus waspada. 

Kurang lebihnya, seperti itulah cara-cara mengatasi tindak penipuan di Seal Online Blade of Destiny. Kalau kurang mohon dimaafkan. Artikel ini bertujuan agar player Seal Onine Blade of Destiny tidak terjerumus dengan cara-cara kotor penipu dalam melakukan aksinya. Kalian bisa berkomentar untuk menambahkan cara-cara mengatasi penipuan yang belum ditulis di blog ini.

Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar