Scammer Tricks in Seal BoD

Jenis-jenis Penipuan di Seal Online Blade of Destiny

Jenis-jenis Penipuan di Seal Online BoD
(Artikel dibawah ini merupakan hasil tulisan Jean (Ex-Admin) - 10 November 2017)

Penipuan sangat merajalela. nggak cuma di dunia Real, di dunia Maya pun penipuan sering terjadi. Game Online juga tidak terlepas dari incaran para penipu-penipu dari kelas kakap sampai kelas teri yang secara tidak langsung membuat orang tua mereka malu. Sudah susah-susah di besarin, ujung-ujungnya jadi tukang tipu... ck...ck...ck.

Di artikel kali ini, gw akan membahas jenis-jenis penipuan yang sering terjadi atau digunakan oleh para penipu-penipu yang berkeliaran di Seal Online Blade of Destiny. Pasti di antara kalian atau teman kalian atau yang kalian kenal sepintas lalu, pernah ditipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.



Melalui post atau artikel kali ini, gw akan merangkum semua cara penipuan yang gw dapat dari hasil bertanya-tanya ke para sesepuh di Seal Online Blade of Destiny. Lumayan banyak jenis penipuan yang gw dapat setelah melakukan interview dengan para sesepuh.
Artikel kali ini cukup panjang, jadi siapkan cemilan kalian dan tanpa basa-basi lagi...here we go!!!

1. Item Mall
Jenis Penipuan Item Mall Seal Online BoD

Cara pertama di list gw adalah penipuan Item Mall. Tidak sedikit orang yang kena tipu dengan cara ini. Pembeli maupun penjual tidak terlepas dari penipuan item mall. Oleh karena itu akan gw bagi dalam 2 points.

  • Pembeli

Bagi pembeli tukang tipu-nya akan menawarkan harga Item Mall yang jauh dibawah harga pasar. Ini dilakukan untuk menarik minat calon korban yang mencari Item Mall. Ketika sudah ada yang kena jebakan harga murahnya tukang tipu, mereka akan meminta trade cegel dahulu. Setelah cegel di trade, character tukang tipunya langsung offline alias kabur.

Rata-rata player yang kena tipu, merupakan mereka yang sudah berhari-hari teriak di kota mencari Item Mall yang diinginkan dan pada saat melihat harga atau rate RPs yang murah, tanpa pikir panjang langsung kena jebakan Batman..T.T

  • Penjual

Rata-rata penjual yang kena tipu merupakan player yang menjual RPs (Rohan Points) dalam bentuk cegel. Ketika penjual RPs mulai teriak menawarkan RPs in cegel dengan rate mereka masing-masing. Tukang tipunya mulai beraksi dengan melakukan whisp.

Penipunya akan meminta si penjual untuk membeli Item Mall yang mereka inginkan dahulu tanpa memberikan cegelnya. Kadang, penjual RPs khilaf dan tanpa pikir panjang langsung membelanjakan Item Mall yang dipsan oleh penipu. Setelah itu, penipunya kabur dibawa angin.

Cara penipunya untuk membuat khilaf penjual RPs, dengan melakukan teknik sok akrab. Mereka akan memancing calon korban dengan whisp dan bertanya-tanya soal Item Mall. 

Dari informasi yang gw dapat, tidak semua penipu langsung menipu calon korbannya. Mereka akan melakukan pendekatan terlebih dahulu selama beberapa hari. Bahkan ada penipu yang dengan sengaja membeli Item Mall agar bisa dipercayai korbannya. Ketika sudah terjebak, pada transkasi berikutnya, penipunya kabur. Habis sudah RPs nya dipakai untuk Item Mall yang susah di jual.

2. Beggar's Syndicate
Jenis Penipuan Beggar Syndicate Seal Online BoD

Keren ya nama-nya...hahhaha. Penipuan yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Penipunya akan berjalan mengintai kota-kota yang ramai penduduknya, seperti Elim dan Lime. Mereka akan melakukan kegiatan minta-minta alias ngemis.




Tipe penipu yang menggunakan ini, urat malunya gw jamin sudah putus. Bayangin aja, setelah mengemis meminta cegel di seorang player, dia meminta lagi cegel ke player yang berada dekat dengan player yang sudah memberikan cegel ke si penipu. Dan parahnya lagi, alasan yang dia gunakan sama, yaitu "kk bagi cegel please buat naik kereta".

"Naik kereta ke mana 'dek?" ke London??? Sampai harus ngemis lagi???
Sudah dikasih 2m buat naik kereta, masih aja mengemis lagi dengan alasan yang sama. 

Trick ini sangat berpengaruh kepada player-player baru yang bukan penipu. Pada saat mereka membutuhkan cegel, para player lama, pasti sudah tidak akan memberikan cegel lagi karena sudah tidak mempercayai character baru yang mengemis.

Pada akhirnya player barunya bacot-bacotan dengan player lama di kota. Player baru akan chat bahwa player lama sombong-sombong dan semua kejelekan yang ada, dan akhirnya mereka akan pensi sebelum menikmati game ini.

Informasi yang gw dapatkan untuk trick kali ini bukan berasal dari korbannya, tapi dari pelakunya langsung. Orangnya sih sudah sadar dan sekarang mulai berjalan di jalan yang benar (lebay...). Dari pengakuan mantan penipu dengan trik ini, dalam sehari dia bisa mendapatkan 500m-1b. Mantan penipunya menggunakan kurang lebih 40an akun dengan masing-masing akun berisi 5 character Beginner atau ber-level kecil. Niat banget dah...

3. False Identity
Jenis Penipuan False Identity Seal Online BoD

Cara penipuan selanjutnya di list gw adalah identitas palsu. Cara ini dilakukan si penipu dengan berpura-pura sebagai orang lain. Lebih khususnya Hode atau player laki-laki yang berpura-pura menjadi perempuan. Penipu ini akan memanfaatkan status jomblo para player Seal Online Blade of Destiny dan melakukan pendekatan terhadap calon korbannya.

Ketika sudah terperangkap, calon korbannya akan memberikan akun ke si penipunya. Setelah mendapatkan akun korbannya, semua item langsung di babat habis sama penipunya. Korban tidak bisa berbuat banyak, karena salah satu aturan dalam game ini adalah tidak boleh memberikan atau berbagi satu akun.

Selain berpura-pura menjadi jenis kelamin berbeda, jenis kelamin yang sesuai dengan character nya juga bisa melakukan penipuan ini. Penipunya akan melakukan pendekatan sampai benar-benar dipercaya oleh korban-nya dan mengasak habis item korban setelah mendapatkan ID dan password korban-nya.

Semua laporan mengenai penipuan dengan trick ini tidak akan ditanggapi oleh staff Playwith. Tidak usah repot-repot submit ticket, karena semua laporan kena hack dengan alasan berbagi akun tidak akan digubris. Jadi, tidak ada yang bisa dilakukan oleh korbannya selain pensi dan mungkin mencoba bertualang ke Thailand dan menemukan pasangan di sana. (ooopppsss!!!! terjebak dua kali #ifyouknowwhatImean)



4. Same..Same But Different (James Franco's Style)
Jenis Penipuan Same but Different Seal Online BoD

Cara berikutnya adalah menggunakan IGN atau nickname yang hampir mirip dengan nickname teman dekat calon korbannya. Penipunya akan membuat 1 character dengan nickname yang jika dilihat sepintas, mirip nickname temannya.

Contohnya, nickname "Blogger". Penipunya akan membuat 1 character dengan nickname "B1ogger". Ayo ditebak, dimana bedanya.... Yup, nickname asli menggunakan huruf "L" kecil sedangkan character si penipu menggunakan angka "1 (satu)" sebagai pengganti huruf "L" kecil.

Alasan yang digunakan oleh penipu kebanyakan adalah membandingkan item. Salah satu contoh kasusnya seperti ini: "Bro, pinjam pet dong, mau gw bandingin sama pet gw" atau "jink, pinjem acc lu dong, acc gw pecah nih". Dikarenakan hanya membaca sepintas dan sudah dekat sampai saling memanggil dengan nama hewan, korbannya langsung meng-ia-kan permintaan penipu. Jlebb.... satu lagi kena jebakan penipu.

Ketika teman asli korbannya Online, korban akan meminta kembali item yang sudah dipinjamkan. Teman-nya bingung karena baru saja Online dan tidak pernah Online selama beberapa hari.

Oh ia, cara ini juga bisa digunakan oleh teman terdekat kalian. Dia akan berpura-pura sebagai penipu dan melakukan aksinya, dan ketika dimintai tanggung jawab, dia bakal ngeles dengan alasan tidak pernah Online. Jadi...waspadalah...waspadalah.

5. Trading
Jenis Penipuan Trading Seal Online BoD

Cara yang satu ini menggunakan kepercayaan yang sudah dibangun oleh penipu dan korbannya. Cara ini juga berhubungan dengan point pertama di awal artikel. Setelah mendapatkan kepercayaan calon korbannya, si penipu akan meminta cegel atau item di trade terlebih dahulu. Ketika sudah terjebak, penipunya kabur membawa lari cegel atau item yang sudah di trade.

Ada juga tirck lain... si penipu bakal menjual item dengan harga yang murah. Pada transaksi pertama, si penipu memberikan item yang sebenarnya, tapi dengan sengaja di cancel dengan berbagai alasan. Pada saat transaksi kedua, si penipu memasukkan item yang icon-nya mirip dengan item sebenarnya.

Contohnya seperti ini, ada penipu yang jualan TBS Balie's So-So Armor.XG+10 dengan harga 10b. Calon korban akan tergiur dan mem-whips si penipu. Pada saat di trade, si penipu akan memperlihatkan TBS Balie's So-So Armor.XG+10 di kolom trade miliknya. Tapi, si penipu akan dengan sengaja membatalkan transaksi-nya.

Pada saat di trade lagi (transaksi kedua), korban yang sudah yakin dengan keaslian item biasanya tidak lagi mengecek itemnya, nah.. disinilah si penipu menukar TBS Balie's So-So Armor.XG+10 dengan TBS Balie's So-So Armor non XG (Icon TBS Balie's So-So Armor.XG+10 dan TBS Balie's So-So Armor sama persis). Tertipulah korban-nya.
Si penipu kadang akan seperti orang yang buru-buru. Dengan alasan seperti ini:
  • "Billing aku sudah mau habis kak. Jadi trade nggak?"
  • "Emak manggil terus. Ayo trade sekarang"
  • "Gw harus jemput emak gw bro. Gimana? jadi nggak?"
  • "Anak saya nangis terus. Istri lagi keluar. Cepat bro"
  • Dan alasan-alasan lain yang sejenis.
Selain menjual item dengan harga yang murah, ada kalanya si penipu mau menukarkan item-nya dengan item yang kalau dipikir-pikir tidak setara atau tidak sesuai harga pasaran (calon korban untung gede). Contohnya si penipu akan menukarkan Magical Crystal Manual dengan 300 pcs Geranium. Ketika trade pertama, item yang diperlihatkan memang benar Magical Crystal Manual, tapi pada saat trade kedua, diganti dengan Manual of Believer in Balie.

6. Blessed Items Trick
Jenis Penipuan Blessed Items Trick Seal Online BoD

Untuk jenis yang satu ini, penipunya akan teriak atau menjual Blessed Diamond atau Blessed Pink Diamond tanpa jaminan. Entah dengan harga dibawah pasar maupun harga normal. Pembeli Blessed Diamond / Pink Diamond yang terkena daya tarik si penipu akan melakukan trade tanpa adanya jaminan.

Selain dengan menjual, penipunya juga bisa membeli Blessed Diamond / Pink Diamond. Korban yang percaya ke si penipu akan menempa item si penipu dan setelah di berikan ke si penipu, orangnya kabur meninggalkan penjual Blessed Diamond / Pink DIamond yang lugu dan tidak tahu apa-apa. Setelah item yang akan ditempa dengan Blessed Diamond / Pink Diamond di trade, penipunya akan kabur membawa lari item tersebut. Bye..bye my item T.T

7. Old Nickname
Jenis Penipuan Old Nickname Seal Online BoD

Trick ini digunakan oleh penipu dengan cara menggunakan character yang IGN-nya sudah terkenal. Kadang pemilik Character yang sudah terkenal, pensi dan menghibahkan Akun-nya ke teman atau orang lain. Nah setelah di itu, digunakan oleh si penipu, dia mem-whisp satu per satu teman yang ada di Friend List Character yang terkenal itu.



Si penipu akan menggunakan berbagai alasan, kalau dia mau main lagi dan butuh modal dan semacam-nya. Korban akan tertipu jika mempercayai rayuan atau gombalan si penipu..lol.

8. Couple Scam
Jenis Penipuan Couple Scam Seal Online BoD

Penipuan ini berbeda dengan point No.4. Perbedaannya berada di fitur couple store. Sebagai jones, kita membutuhkan couple agar bisa berbelanja di Couple Store. Oleh karena itu, sering dijumpai player yang mencari couple male atau female character dengan Mega Phone atau Shout di kota.

Penipuan atau triknya terjadi pada saat kita sudah menemukan couple dan sudah menikmati waktu login bersama dan melihat couple points yang bertambah seiring perjalanan waktu. Tiba-tiba salah satu couple langsung meng-cancel Couple tanpa sebab. Nggak dapat deh Rose yang sudah dikumpul berjam-jam.

9. Fake GM
Jenis Penipuan Fake GM Seal Online BoD

Jenis penipuan yang satu ini cukup ekstrim. Penipunya akan berpura-pura sebagai GameMaster atau staff Playwith dan menggunakan fitur Whisper untuk menjaring calon korban ya. Kebanyakan tipe chatting yang dilakukan adalah dengan cara meminta ID dan Password dari sang korban dengan mengatasnamakan GameMaster Seal Online Blade of Destiny. Biasanya para penipu dengan teknik ini akan mengiming-imingi calon korban dengan hadiah dalam bentuk Rohan Points atau Item.

10. Phising Website
Jenis Penipuan Phising Website Seal Online BoD

Cara penipuan seperti ini yang sangat ditakuti oleh banyak player, karena sekali terjerumus, dipastikan semua item yang kalian miliki bakalan ludes diambil penipu tersebut bahkan data akun tidak akan bisa diakses lagi. Cara penipuan ini menggunakan website yang disamarkan atau nama website-nya mengharuskan korban untuk mengisi data diri berupa ID dan Password.

Setelah penipu mendapatkan ID dan Password, dia akan mengambil seluruh item yang berada di akun tersebut. Cara ini sering dimanfaatkan oleh penipu untuk player-player yang tingkat greed nya sangat tinggi. Kebanyakan promosi atau cara menjaring korban yang dilakukan penipu, dengan cara menjanjikan hadiah Rohan Points, Item, atau harga credit Rohan Points melalui login ke phising website tersebut.

Inilah 10 cara atau jenis penipuan yang gw dapat dari hasil mencari data ke sesepuh-sesepuh game Seal Online Blade of Destiny. Jenis-jenis penipuan yang berada di artikel ini adalah jenis penipuan yang sering terjadi di dalam game Seal Online Blade of Destiny. Jika kalian mempunyai pengalaman atau trick penipuan lain, jangan malu-malu untuk menulisnya di kolom komentar.

Sekian dulu artikel mengenai Jenis-jenis Penipuan di Seal Online Blade of Destiny. Di artikel berikut, gw akan berbagi cara-cara mencegah trick penipuan yang ada di artikel kali ini. (Baca: Cara Mencegah Penipuan di Seal Onlne BoD) Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar