All About Raid (Part VII: Scariel)

Semua Tentang Raid Unison Server Seal Online Blade of Destiny

Seal BoD Journey - Berjumpa kembali dengan blog ini, dan seperti yang sudah-sudah, kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai Raid Scariel di Unison Server, game online Seal Online Blade of Destiny.

Melanjutkan pembahasan dengan tema Raid Boss, Raid yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah Raid Scariel. Agar bisa masuk ke dalam Raid Scariel, syarat level minimum untuk karakter adalah level 10 dan level maksimal adalah 251.

Raid Scariel berbeda dengan raid-raid sebelumnya. Jika pada Raid sebelumnya terdapat tingkat kesulitan yang berbeda-beda (A / B / C), pada Raid Scariel tingkat kesulitannya tidak bisa dipilih. Kalian bisa langsung masuk ke Raid Scariel setelah membuat party dan berbicara dengan NPC Slater.

Scariel Raid

Scariel, Raid Unison Server, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Setelah semua anggota party masuk kedalam map Scariel, kalian akan bertemu dengan monster bernama Scariel yang berlevel 275. Raid Scariel bisa dikatakan susah-susah-gampang. Selama kalian sudah tahu trik-triknya, Raid Scariel bisa dilakukan dengan 3 player saja.

Setelah semua anggota party sudah di buff atau mendapat paket dari Apostle, battle pet sudah diparkir, jamu-jamuan sudah di konsumsi, dan lain sebagainya, mulailah dengan menghit Scariel yang sedang menunggu kalian. 

Dikarenakan Scariel sering berubah bentuk, untuk pembahasan selanjutnya, saya akan menjelaskan bentuk-bentuk perubahan dari Scariel. Dan Tips untuk Raid kali ini juga, akan langsung saya sertakan di tiap-tiap bentuk perubahan Scariel.

Scariel 1st Form

Scariel yang kalian hit merupakan Scariel 1st form (bentuk awal) yang berwarna merah. Scariel ini memiliki total HP sebesar 515.790.000 points, Attack Power antara 14.064 sampai 15.472 points dan Defense 1750 points.

Scariel dengan bentuk ini memiliki tipe serangan melee yang akan memberikan sejumlah damage kepada karakter yang di lock oleh Scariel. Untuk serangan range yang bersifat area, Scariel akan menggunakan special skillnya.

Terdapat 8 Special skill dari Scariel 1st Form. Agar lebih jelas, saya akan meng-list satu per satu Special Skill dari Scariel 1st form.
  • Special Skill 1 : Memberikan efek poison atau racun kepada karakter yang terkena skill.
  • Special Skill 2 : Jumlah AP karakter akan terkuras.
  • Special Skill 3 : Defense karakter akan berkurang sebanyak 80%.
  • Special Skill 4 : Karakter yang terkena skill ini tidak bisa menyerang atau bergerak.
  • Special Skill 5 : Serangan area yang memberikan damage 15.000 sampai 20.000 points. Akan muncul lingkaran besar berwarna hitam sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 6 : Serangan area yang memberikan efek racun dengan damage kurang lebih 8000 points. Akan muncul lingkaran besar berwarna merah-kuning sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 7 : Memberikan damage dan membuat karakter tidak bisa bergerak atau menyerang. Akan muncul lingkaran kecil berwarna hitam sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 8 : Serangan jarak jauh dengan damage antara 30.000 sampai 35.000 points. Special skill berupa duri yang muncul dari tanah.
Cukup banyak Special Skill yang bisa dikeluarkan oleh Scariel 1st Form, untuk itulah kalian harus berhati-hati pada saat melawan monster ini. Pada saat jumlah HP Scariel 1st Form berkurang sepertiga (1/3) dari total keseluruhan darah Scariel 1st Form. Scariel ini akan berubah menjadi Scariel 2nd Form.

  • Tips untuk Scariel 1st Form

Bagi kalian yang merupakan job dengan tipe serangan jarak dekat (melee), posisikan karakter kalian tepat berada di antara kaki Scariel 1st Form. Cara ini dimaksudkan untuk meminimalisir damage yang dihasilkan dari serangan dasar dan Special Skill Scariel.

Yang memiliki karakter job serangan jarak jauh (range), posisikan karakter kalian dibelakang Scariel 1st Form. Biarkan job dengan tipe melee melakukan TB terhadap Scariel. Jangan pernah berdiri di depan Scariel karena special attacknya akan langsung mengenai karakter kalian yang memiliki HP dibawah 30k.

Bagi job support seperti Apostle, posisikan karakter kalian di tempat yang memiliki visibilitas penuh terhadap anggota party. Agar skill Holy Force dan Holy Magic yang kalian gunakan bisa dirasakan oleh setiap anggota party. Jika kalian tidak bisa salah satu atau beberapa anggota party, mintalah mereka untuk mendekat ke arah kalian.

Scariel 2nd Form

Pada saat darah atau HP Scariel 1st Form berkurang 1/3, Boss ini akan berubah bentuk menjadi imut (kecil -red). Ukuran dari Scariel akan sama seperti karakter kalian. Meskipun ukuran badannya menjadi kecil, Scariel bentuk ini memberikan damage yang lumayan besar. Tetaplah fokus dan erus menghit Scariel 2nd Form ini.

Scariel 2nd Form memiliki Attack Power antara 21.098 sampai 23.208 points dengan defense yang sama seperti 1st Form, yaitu 1750 points. Scariel ini juga memiliki tipe serangan aktif single yang sama dengan 1st Form.

Selain itu, Scariel 2nd Form memiliki 7 Special Skill yang akan memberikan damage kepada karakter yang terkena skill ini dan membantu Scariel dalam mengalahkan karakter kalian. Ketujuh Special Skill dari Scariel 2nd Form adalah sebagai berikut:
  • Special Skill 1 : Scariel akan berpindah tempat (teleport) ke tengah map Raid.
  • Special Skill 2 : Kecepatan gerak Scariel akan bertambah secara signifikan.
  • Special Skill 3 : Memberikan efek poison atau racun kepada karakter yang terkena skill.
  • Special Skill 4 : Jumlah AP karakter akan berkurang.
  • Special Skill 5 : Serangan area yang memberikan efek racun dengan damage kurang lebih 8000 points selama beberapa saat. Akan muncul lingkaran besar berwarna merah-kuning sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 6 : Memberikan damage dan membuat karakter tidak bisa bergerak atau menyerang. Akan muncul lingkaran kecil berwarna hitam sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 7 : Serangan area dalam bentuk duri yang keluar dari tanah, dengan damage antara 40.000 sampai 45.000.
Scariel akan berubah ke bentuk berikutnya setelah total HP dari Scariel 2nd Form berkurang 1/3nya. Selain itu jika kalian gagal pada saat Scariel 2nd Form, Boss ini akan berubah menjadi monster Scarazaa. Monster ini memiliki bentuk seperti Boss di Sky Island Alcanez, Pagan (Naga Merah).

Yang saya maksudkan dari gagal diatas, adalah pada saat semua anggota party sudah dikalahkan oleh Scariel 2nd Form atau sudah tidak ada lagi karakter yang di lock oleh Scariel 2nd Form. Ketika hal ini terjadi, bisa dipastikan kalau Raid yang kalian jalankan adalah gagal atau failed.

  • Tips untuk Scariel 2nd Form

Biarkan Scariel meng-lock salah satu player yang memiliki defense yang tinggi atau jumlah HP yang besar. Untuk itulah, jika kalian memiliki job Defender di party kalian dengan equipment yang memadai, beritahu Defender tersebut untuk menggunakan skill Provoke ke Scariel.

Pada saat aggro Scariel sudah berpindah ke Defender atau job lain yang memiliki total HP yang besar, anggota party lain bisa terus meng-hit Scariel 2nd Form. Selalu ingat untuk memposisikan karakter kalian dibelakang Scariel 2nd Form, karena skill area yang dilepaskan akan memberikan damage ke karakter yang berdiri di depan Scariel.

Scarazaa

Ketika kalian gagal mengalahkan Scariel 2nd Form, Boss tersebut akan berubah menjadi Scarazaa. Tentunya hal ini harus kalian hindari karena Box yang di drop dari Scarazaa tidak terlalu bagus item-itemnya.

Scarazaa yang berubah dari Scariel 2nd Form memiliki jumlah HP sebesar 515.790.000 points, sama seperti Scariel 1st Form. Tentunya jumlah HP ini sudah berkurang, karena kalian sudah menghit Boss tersebut dari awal. Attack Power dan Defense dari Scarazaa juga sama seperti Scariel 1st Form.

Scarazaa memiliki tipe serangan aktif single, dan hanya memiliki 1 Special Skill. Serangan dari Special Skill akan memberikan damage area kepada karakter yang berdiri di dalam area tersebut. Kalian bisa terus menghit Scarazaa sampai HP monster ini habis.

  • Tips untuk Scarazaa

Tidak ada tips khusus untuk Scarazaa, karena ketika Scariel 2nd Form berubah menjadi Scarazaa, Raid yang kalian jalani bisa dikatakan gagal total. Artinya, kalian membuang 1 kesempatan masuk Raid Unison Server dari 3 kesempatan masuk yang diberikan per harinya.

Kalian bisa terus menghit Scarazaa sampai HP dari monster ini habis. Untuk job support, berdirilah agak menjauh dari Scarazza agar tidak terkena skill area yang dikeluarkan monster ini. Ketika kalian gagal dalam mengalahkan Scarazaa, monster ini akan kembali ke tengah map dengan jumlah HP yang juga kembali seperti awal mulai Raid.

Jika kalian gagal juga dalam mengalahkan Scarazaa, tekan escape dan masuk ke pemilihan karakter, pilih karakter yang kalian pakai dalam Raid Scariel tadi, dan pilih Delete Character. Setelah itu tekan alt + F4, dan beraktifitaslah seperti biasanya. Selama lima hari penuh, interospeksi diri dengan tidak memainkan game online Seal Online Blade of Destiny.

Setelah 5 hari memulihkan mental dan fisik kalian, dengan bertanya-tanya kepada diri sendiri, "Salah siapa Raid Scariel gagal?", login kembali ke game Seal BoD, batalkan penghapusan karakter yang merupakan pengalaman buruk pada saat Raid Scariel 6 hari lalu. Mulailah bermain kembali Seal Online Blade of Destiny.

Scariel 3rd Form

Scariel, Raid Unison Server, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Bentuk perubahan selanjutnya dari Scariel, jika kalian berhasil melanjutkan Raid Scariel adalah Scariel 3rd Form. Scariel dengan ebntuk ini akan kembali ke ukuran semula, menjadi besar dan memiliki warna Biru.

Scariel 3rd Form memiliki Attack Power sejumlah 7033 sampai 7736 points dan Defense sebanyak 35.000 points. Dilihat dari Defense point yang dimiliki, bisa disimpulkan kalau Scariel dengan bentuk ini sangat alot untuk dikalahkan. Sebagai perbandingan saja, Defense Point Samael di Sage Tower, hanya 1836 points dan Forgotten King hanya 2072 points.

Selain memiliki Defense yang tinggi, Scariel 3rd Form akan mensummon atau memanggil anak buah yang berbentuk Pillar Api seperti di Boss Room Sage Tower F3. Pillar Api ini memiliki jumlah HP sebesar 24.070.200 points. Anak buah ini tidak mempunyai Attack Power tapi bisa memanggil anak anak buahnya.

Anak Buah dari Pillar Api berbentuk seperti monster Titan dan monster Skullo. Setelah 15 detik disummon oleh Scariel 3rd Form, Pillar Api akan mensummon monster Titan. Titan memiliki jumlah HP sebesar 16.048.000 points, Attack Power 5918 points dan Defense 2482 points.

Setelah 60 detik di summon Scariel 3rd Form, Pillar api akan kembali mensummon 10 anak buah selanjutnya yang berbetuk seperti Skullo. Monster ini memiliki kecepatan gerak yang sangat cepat, jumlah HP 773.685 points, Atack Power 4540 points dan Defense 1191 points.

Pada saat semua monster sudah disummon, ada salah satu Special Skill yang membuat karakter kalian tidak bisa mengeluarkan skill dari job karakter. Special Skill ini belum bisa saya pastikan dari monster apa, Scariel 3rd Form? Pillar Api? Titan? atau Skullo?

Ketika Scariel sudah berubah menjadi 3rd Form, dan Pillar Api sudah disummon, fokuskan attack kalian ke Pillar Api tersebut. Biarkan salah satu anggota party menarik perhatian (hook) Scariel 3rd Form. Terus hit Pillar Api sampai monster tersebut mensummon anak buahnya.

Kalahkan Pillar Api, Titan dan Skullo yang disummon, setelah itu tunggu saja sampai Scariel 3rd Form berubah menjadi Scariel Final Form. Jika kalian gagal pada saat Scariel 3rd Form, Boss ini akan berubah menjadi Scarazoo.

  • Tips untuk Scariel 3rd Form

Biarkan salah satu anggota party yang mempunyai Defense atau jumlah HP yang besar mengajak Scariel 3rd Form berjalan-jalan di seputar map Raid tersebut. Bagi anggota party yang lain, siapkan diri untuk menyerang Pillar api.

Begitu Scariel 3rd Form mensummon Pillar Api, segeralah menghit Pillar api tersebut. Minta bantuan Apostle untuk menggunakan skill Holy Force dan Holy Magic, agar damage yang dihasilkan dari karakter yang menyerang Pillar Api berlipat ganda.

Kalahkan Pillar Api sebelum monster tersebut mensummon anak buahnya yang berbentuk seperti monster Titan dan Skullo. Jika kalian tidak sempat mengalahkan Pillar Api sebelum hal itu terjadi, lindungi Apostle kalian.

Ada salah satu cara agar Pillar Api yang disummon oleh Scariel 3rd Form tidak bisa memanggil anak buahnya, tapi cara tersebut cukup sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, harus dipraktekan langsung di lapangan. Oleh karena itu saya mohon maaf sebelumnya. Dengan cara yang rumit tersebut, saya berhasil menyelesaikan Scariel Raid (dengan durasi yang cukup lama) hanya dengan 3 anggota party (2 Zerk dan 1 Apostle).

Scarazoo

Ketika kalian gagal di Scariel 3rd Form, Boss tersebut akan berubah menjadi monster Scarazoo yang berbentuk seperti Boss Sky Island Alcanez, Rymos. Kejadian ini akan terjadi ketika semua anggota party dikalahkan oleh Scariel 3rd Form dan anak-anak buahnya atau sudah tidak meng-lock salah satu karakter.

Scarazoo sama seperti Scarazaa dalam hal jumlah HP, Attack Power dan Defensenya. Special skill dari Scarazoo ialah semburan napas yang memberikan Damage area kepada karakter-karakter yang berada di dalam radius serangan skill tersebut.

Kalian bisa terus menghit Scarazoo sampai HPnya habis, meskipun demikian Raid Scariel yang kalian lakukan bisa dikatakan gagal total.

  • Tips untuk Scarazoo

Sama halnya dengan Scarazaa, tips untuk Scarazoo bisa kalian baca di bagian tips untuk Scarazaa.

Scariel Final Form

Akhirnya setelah berkutat dengan berbagai macam bentuk Scariel, kalian sampai di bentuk perubahan terakhir dari Boss ini. Scariel Final Form akan kembali memiliki warna dasar merah seperti pada awal kalian memasuki map Scariel Raid.

Scariel Final form memiliki Attack Power sebesar 15.472 points dan defense sebesar 1750 points. Scariel ini juga memiliki 8 special skill yang sering digunakan, special skillnya adalah sebagai berikut:
  • Special Skill 1 : Memberikan efek poison atau racun kepada karakter yang terkena skill ini.
  • Special Skill 2 : Mengurangi jumlah AP karakter.
  • Special Skill 3 : Mengurangi points Defense karakter.
  • Special Skill 4 : Memberikan efek tidak bisa bergerak kepada karakter.
  • Special Skill 5 : Serangan area yang memberikan damage 15.000 sampai 20.000 points. Akan muncul lingkaran besar berwarna hitam sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 6 : Serangan area yang memberikan efek racun dengan damage kurang lebih 8000 points. Akan muncul lingkaran besar berwarna merah-kuning sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 7 : Memberikan damage dan membuat karakter tidak bisa bergerak atau menyerang. Akan muncul lingkaran kecil berwarna hitam sebelum special skill terjadi.
  • Special Skill 8 : Serangan jarak jauh dengan damage antara 30.000 sampai 35.000 points. Special skill berupa duri yang muncul dari tanah.
Jika dilihat dari Special Skill yang digunakan, bisa disimpulkan kalau Scariel Final Form merupakan Scariel 1st Form yang kalian lawan di awal masuk Scariel Raid. Jadi Scariel Raid itu, hanyalah raid yang menampilkan berbagai bentuk Scariel saja.

  • Tips untuk Scariel Final Form

Bagi karakter dengan tipe serangan melee, tempatkan karakter kalian tepat diantara kaki Scariel Final Form dan karakter dengan tipe serangan range, posisikan karakter dibelakang Scariel Final Form. Teruslah serang Scariel Final Form sampai darah atau HP yang dimilikinya habis.

Setelah kalian selesai mengalahkan Scariel Final Form, kalian akan mendapatkan hadiah beruah sejumlah Box atau Cehst yang berisi berbagai macam item didalamnya. Dan selamat, kalian telah berhasil menyelesaikan Raid Scariel dengan sukses.

Daftar Item yang bisa didapat di dalam Box / Chest Scariel Raid.

Sampai disini dulu sedikit (banyak -red) pembahasan mengenai Scariel Raid di Unison Server yang bisa kalian jalani. Semoga bisa bermanfaat bagi player-player game online Seal Online Blade of Destiny dan jangan lupa untuk Share artikel ini. Terima kasih. Love Seal.
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar