Apa itu RMT? (Kepanjangan dan Penjelasan)

Pengertian RMT di Game Online

SealBoDJourney - Bagi kebanyakan player game online, pasti sering mendengar kata RMT yang kebanyakan selalu dilarang di game manapun. Hal ini tidak terlepas dari game online Seal Online Blade of Destiny atau Seal BoD, yang melarang keras praktek RMT.

Buat pemain baru ataupun pemain lama yang bermain game Seal BoD pasti sudah sering mendengar kicauan dari Game Master soal praktik RMT yang sangat dikecam oleh pihak developer game ini. Untuk itulah, di postingan kali ini, Seal BoD Journey akan memberikan sedikit penjelasan mengenai RMT yang sudah menjadi rahasia umum di kalangan pemain Seal Online Blade of Destiny.
Apa itu RMT, kepanjangan, pengertian, Seal Online Blade of Destiny (BoD)

Kepanjangan dari RMT

Dilihat dari singkatannya, kepanjangan dari RMT itu sendiri adalah Real Money Transaction atau Real Money Trading. Jika diterjemahkan secara harafiah atau literal, RMT berarti Transaksi Uang Asli atau Pertukaran Uang Asli.
"RMT adalah singkatan dari Real Money Transaction"
 Pasti kalian sering membaca broadcast yang ditulis oleh Game Master di seluruh server Seal BoD mengenai larangan ini. Setidaknya kalian sudah mengerti apa kepanjangan dari RMT yang selalu menemani hari-hari kalian di layar bagian atas ketika sedang online.

Pengertian RMT

RMT merupakan proses pertukaran suatu item virtual yang berada di dalam suatu game online menjadi suatu mata uang asli. Biar lebih gampang dipahami, RMT adalah tindakan dimana seseorang ingin menjual atau membeli suatu item game online menggunakan uang asli.

Contohnya seperti ini, player A baru saja bermain game Seal BoD karena ajakan temannya. Temannya sendiri sudah cukup lama bermain game online tersebut. Ketika player A ingin merasakan menggunakan item-item premium, player A meminta bantuan temannya. Temannya lalu menjual item miliknya ke player A dengan imbalan uang asli.

Dikarenakan cukup maraknya praktek RMT di game online Seal Online Blade of Destiny, GM selalu mengingatkan player mengenai larangan melakukan hal tersebut. Tapi sudah menjadi rahasia umum, kalau praktek RMT masih ada di game ini.

Agar tulisan ini objektif, saya akan memberikan pendapat pribadi soal baik buruknya praktek RMT yang sering terjadi di game online.

Sisi Positif

Praktek RMT yang dilegalkan akan membantu player-player baru yang ingin menikmati item-item premium. Dengan mengimplementasikan sistem yang wajar dalam melegalkan RMT, suatu developer game online dapat menraik minat pemain baru untuk bermain game tersebut.

Selain itu, sisi positif praktek RMT bagi game online yang umurnya sudah cukup tua, akan mudah menjaring pemain-pemain baru. Ini dikarenakan ketika seseorang ingin bermain game online yang sudah berumur, pertanyaan pertama yang muncul di benak mereka adalah "Apakah tidak ketinggalan dengan player lama, jika mulai bermain sekarang?".

Dengan dilegalkannya RMT, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mengatasi kebimbangan mereka untuk mulai bermain suatu game online karena praktek RMT tidak dilarang oleh developer game online.

Sisi Negatif

Bagi game online yang baru berjalan, praktek RMT memiliki sisi negatif, karena akan menghambat bahkan melumpuhkan game online itu sendiri. Pihak developer suatu game online memanfaatkan mata uang yang legal seperti voucher atau elektronik pin untuk membeli suatu item di game online mereka.

Ketika praktek RMT marak terjadi, pemasukan dana mereka akan terhambat dan lambat laun game tersebut akan mati total karena tidak ada uang yang masuk ke developer game online untuk menjaga kinerja server atau pembaharauan-pembaharuan yang ingin dilakukan.

Melihat dari sisi developer game, mereka tidak menjalankan bisnis non-profit. Sebgai sebuah pelaku bisnis, tentunya orientasi yang mereka tekankan adalah profit..profit..dan profit. Jika RMT marak terjadi di game online yang mereka buat, profit tersebut masuk ke kantong pelaku RMT.

Kasus RMT

Sudah banyak kasus RMT yang terjadi di game Seal BoD, tidak bisa dipungkiri lagi, kalau banyak player yang ingin merasakan nikmatnya menggunakan item atau pet premium yang memang cukup susah didapat jika tidak memiliki keberuntungan yang lebih.

Kebanyakan item atau pet premium hanya bisa didapat melalui proses bermain yang cukup lama ataupun melalui sistem perjudian yang sudah disediakan oleh developer game ini, contohnya Grabbit, Golden Chest, dan Marble.

Jika melalui proses bermain, akan memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan item atau pet premium. Sedangkan untuk Grabbit, Golden Chest dan Marble, tergolong cepat, tapi membutuhkan keberuntungan yang luar biasa dahsyat, karena tingkat kesulitan yang bervariasi.

Berdasarkan hal tersebut, pemain game online yang tidak mempunyai waktu dan memiliki tingkat keberuntungan yang kecil memilih jalan pintas lain, yaitu RMT, demi merasakan sensasi memiliki item atau pet premium.

RMT sendiri tidak terlepas dari namanya penipuan. Player-player yang ingin cepat mendapatkan item atau pet premium kerap dilanda bencana penipuan oleh oknum-oknum yang memanfaatkan keinginan plyaer-player tersebut.

Penipuan yang terjadi karena melakukan praktek RMT tidak akan ditanggapi oleh pihak Game Master Seal BoD karena memang dilarang. Tapi praktek ini tidak berhenti disini. Sudah banyak website ataupun pribadi-pribadi yang menyediakan jasa orang ketiga dalam bertransaksi RMT agar pembeli maupun penjual tidak tertipu dalam bertransaksi.

Kesimpulan

Tindakan melakukan RMT dikembalikan kepada player masing-masing, karena praktek RMT terjadi akibat dari sifat-sifat dasar manusia, yang selalu ingin "lebih baik", "lebih bagus", "lebih banyak" dan lebih-lebih yang lain dari kebanyakan orang.

Motivasi tiap-tiap pemain untuk bermain suatu game onlinelah yang menjadi titik awal praktek RMT terjadi. Jika pemain tersebut bermain game online untuk bersenang-senang atau mengisi waktu luang, praktek RMT sulit untuk berkembang. Lain halnya jika motivasi pemain tersebut adalah untuk mencari uang atau berbisnis, RMT pasti merajalela.

Penulis sendiri bukanlah pemain game online yang tidak pernah melakukan praktek ini. Pada saat game online Ragnarok sedang booming, penulis bisa membayar uang sekolah dan membeli perlengkapan sekolah dari hasil melakukan praktek RMT. (Yang tahu harga Boss Card di RO pasti ingat)

Jadi, kesimpulannya, praktek RMT tergantung pada kebijakan suatu game online. Ada yang melarang, ada pula yang mengijinkan hal tersebut. Untuk Seal Online Blade of Destiny sendiri, hal ini sangat dilarang.

Pihak Game Master bisa melacak player-player yang melakukan RMT ataupun tindakan-tindakan lain yang dilarang di game Seal BoD melalui HWID (Hardware ID) dan cara-cara lainnya. Hardware ID bisa dikatakan sebagai nomor serial yang mengaitkan software dan hardware. Jadi, meskipun kalian berganti IP, HWID tetaplah sama.

Sekian dulu penjelasan mengenai RMT yang banyak disinggung di game online Seal Online Blade of Destiny kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua. Love Seal.
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar