Tutorial (Selling / Buying RPs or Rohan Points in Game)

Guide Membeli / Menjual RPs Seal Online Blade of Destiny

RPs, Rohan Points, Seal BoD, Seal Online, jual beli RPs

RPs adalah singkatan dari Rohan Points dan RPs digunakan sebagai mata uang atau alat pembayaran pada saat membeli Item Mall.

Banyak dari player yang sering membeli atau menjual RPs dalam game. Oleh karena itu gw akan berbagi sedikit pengetahuan gw mengenai cara membeli atau menjual RPs dalam game Seal Online Blade of Destiny.

Sebelum mulai membahas cara menjual atau membeli RPs, gw akan beri sedikit penjelasan mengenai Rate yang sering di chat oleh pembeli atau penjual RPs.

Rate merupakan perbandingan harga RPs jika dibeli menggunakan cegel. Rate sama hal-nya dengan nilai tukar atau kurs. Contoh in-game nya seperti ini... "Rate 1:3".

"Rate 1:3" artinya, 1 RPs sama dengan 3.000.000 Cegel (3M). Jadi, jika kalian ingin membeli Item Mall dengan harga 100 RPs, cegel yang dikeluarkan pada saat membeli RPs adalah 300.000.000 Cegel (300M). Agar lebih jelas, konversi-nya sebagai berikut.

  • 1 RPs > 3.000.000 Cegel atau 3M Cegel
  • 10 RPs > 30.000.000 Cegel atau 30M Cegel
  • 100 RPs > 300.000.000 Cegel atau 300M Cegel
  • 1.000 RPs > 3.000.000.000 Cegel atau 3B Cegel
  • 10.000 RPs > 30.000.000.000 Cegel atau 30B Cegel

Semoga bisa dipahami dengan jelas.



1. Membeli RPs

Pada saat kalian bermain game Seal Online Blade of Destiny, pasti sering melihat shout atau teriakan player yang mencari atau ingin membeli RPs. Contohnya seperti ini:
  • BUY > RPs..WM Rate
  • B> RPs.. Whisp your lowest rate.
  • B>> RPs...rate rendah. Whisp Me.
Chat seperti diatas merupakan sebuah tanda kalau player tersebut ingin membeli sebuah Item Mall dan mencari player yang menjual RPs mereka. Kebanyakan player yang mencari penjual RPs tidak memiliki RPs yang cukup dan ingin membeli RPs dengan cegel mereka.

Item Mall yang ingin dibeli menggunakan RPs beragam. Mulai dari armor, weapon, sampai Item Mall lain yang harus menggunakan Premium Kiosk agar bisa di trade.

Skenario untuk membeli RPs bisa kalian lihat dibawah ini:
Si A ingin membeli RPs dan Si B menjual RPs.
Si A ingin membeli weapon Jikael's Saber.XG+0 yang di jual di Item Mall Seal Online Blade of Destiny dengan harga 1.500 RPs.
Si B menjual RPs dengan Rate 1:3.
Si A harus membayar cegel senilai 4.500.000.000 Cegel atau 4,5B Cegel ke Si B. (4.5B didapat dari hasil penjumlahan 1.000 RPs = 3B Cegel ditambah 500 RPs = 1.5B Cegel).
Setelah mendapatkan cegel dari Si A, Si B lalu membeli Jikael's Saber.XG+0 dari Item Mall dan langsung men-trade Item tersebut ke Si A.
Selesai deh proses membeli RPs.

2. Menjual RPs

Menjual RPs adalah salah satu cara untuk mengumpulkan cegel, yang menurut gw cukup cepat, karena banyak player yang sering mencari penjual RPs. Contoh teriak atau shout penjual RPs, sebagai berikut:
  • SELL > RPs Rate 1:3...WM
  • S> RPs... Stock 2000 RPs... PM
  • S> RPs...Whisp Me for Rate.
Kebanyakan Player yang menjual RPs, memiliki RPs sisa ataupun juragan RPs yang spesialis menjual RPs. Penjual RPs yang berpengalaman atau juragan, biasa-nya dilengkapi dengan Premium Kiosk.

Penjual RPs bisa membeli semua Item yang berada di Item Mall Seal Online Blade of Destiny selama jumlah RPs yang mereka miliki cukup untuk hal tersebut.

Skenario untuk menjual RPs, sebagai berikut:
Si A menjual RPs dengan Rate 1:3
Si B ingin membeli Murim Apostle Feathered Fan.XG+0 dari Item Mall dengan harga 2.000 RPs.
Si A dan Si B sepakat dengan harga 6.000.000.000 Cegel atau 6B Cegel untuk Rate 1:3. (6B didapat dari hasil penjumlahan 1.000 RPs = 3B Cegel ditambah 1.000 RPs = 3B Cegel).
Si B men-trade cegel sejumlah 6B ke Si A.
Si A membeli Murim Apostle Feathered Fan.XG+0 dari Item Mall.
Si A men-trade Murim Apostle tersebut ke si B.
Selesai sudah proses menjual RPs.

Kurang lebih skenario untuk membeli dan menjual RPs itu hampir sama, tidak ada beda-nya. Yang menjadi perbedaan adalah Rate yang ditawarkan masing-masing penjual RPs yang menurut gw pribadi cukup bersaing.

Important Note!!!

Harap diperhatikan, proses menjual atau membeli RPs sangat rentan terhadap oknum-oknum nakal yang memiliki niat untuk menipu. Penipuan bisa terjadi pada saat membeli ataupun menjual RPs. Oleh karena itu, kepercayaan antara kedua belah pihak sangatlah penting.

Bagi pembeli RPs, hati-hati terhadap player baru yang menjual RPs dengan rate yang rendah atau tidak masuk akal. Ketika cegel-nya sudah di trade, penjualnya bakal lari membawa cegel kalian. Recommended RPs Seller atau penjual RPs yang penulis rekomendasikan adalah IGN : Teitoku. Bukan promosi, tapi ketika penulis mengontak penjual RPs terpercaya lain-nya, tidak ada balasan.

Dan bagi penjual RPs, hati-hati terhadap pembeli yang sok akrab dan meminta kalian untuk membeli Item Mall yang dia inginkan sebelum men-trade jumlah cegel yang sudah disepakati.
"Terus gimana kalau pembeli dan penjual sama-sama tidak saling percaya?"
Untuk menjawab pertanyaan diatas... Bagi pembeli RPs, lihat nickname atau IGN penjual dengan teliti. Apakah player tersebut sudah sering teriak atau shout menjual RPs atau tidak? Kalau baru pertama kali menjual RPs, lebih baik cari penjual RPs lain, meskipun harga-nya lebih mahal sedikit.

Bagi penjual RPs, perhatikan nickname atau IGN pembeli RPs kalian. Kalau player-nya sudah terkenal atau dikenal banyak orang, sangat kecil kemungkinan player tersebut akan menipu kalian. Dan ingat untuk mengambil cegel terlebih dahulu sebelum membeli Item Mall.

Penulis tahu bahwa tidak semua player itu nakal alias ingin nipu. Untuk itu, kepada player yang baru pertama kali terjun di bisnis ini, bangunlah kepercayaan terlebih dahulu, dengan cara menjual RPs kepada guild member atau teman warnet atau teman dekat kalian.

Setelah kepercayaan sudah didapat, jangan disalahgunakan untuk kepentingan menipu player lain. Mulailah menjual di luar circle kalian atau player lain yang ingin membeli RPs.

Pengalaman penulis sendiri, selama bermain game Seal Online Blade of Destiny, belum pernah ditipu pada saat menjual ataupun membeli RPs. Yang berani nipu, siap-siap aja di banned IP Adressnya.../grin.

Ada satu cara lagi untuk mencegah penipuan, yaitu dengan cara mengambil Screenshot atau SS. (Baca: Cara Mengambil Screenshot atau SS In-game) Ambilah SS pada saat penjual / pembeli teriak atau shout di kota. Dan pada saat kesepakatan harga sampai trade item berlangsung. Skema-nya seperti ini:
  • Pembeli / Penjual RPs Shout di kota dengan Rate > SS
  • Chat negosiasi harga > SS
  • Trade Cegel  > SS
  • Trade Item Mall > SS
  • Done
Kenapa harus di Screenshot? Karena dengan SS kalian bisa melaporkan tindak penipuan yang terjadi dalam game melalui Ticket ke GameMaster untuk ditindak lanjuti. (Baca: Cara Melaporkan atau Submit Ticket).

Sekian dulu Tutorial atau Guide Cara Membeli / Menjual RPs Dalam Game Seal Online Blade of Destiny. Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v

Artikel ditulis oleh Jean (Ex-Admin) - 10 Januari 2018
Author Profile

About Bagi Resep

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.

0 Komentar

Posting Komentar